Sabtu, 05 Desember 2009

Hasil Undian Pembagian Grup Piala Dunia 2010

Undian dilakukan oleh Sekjen FIFA Jerome Valcke, dibantu bintang film asal Afrika Selatan, Charlize Theron, dengan teknis 32 negara peserta dibagi ke dalam empat pot. Pot 1 berisi negara-negara unggulan termasuk tuan rumah Afrika Selatan, pot 2 berisi negara-negara di luar Afrika dan Amerika Selatan, pot 3 diisi negara-negara Afrika dan Amerika Selatan, dan pot terakhir berisi delapan negara Eropa.

Sistem inilah yang akhirnya menghasilkan Brasil harus berkumpul bersama Korea Utara, Pantai Gading, dan Portugal. Grup G inilah yang dianggap sebagai grup keras karena mempertemukan bintang-bintang Brasil seperti Kaka, dengan Cristiano Ronaldo dan penyerang tajam klub Inggris, Chelsea, Didier Drogba.

Grup lain yang terbilang seru adalah grup yang dihuni tuan rumah Afrika Selatan. Pasalnya, tuan rumah harus bertemu dengan Juara Piala Dunia 1998, Prancis. Di grup C Inggris dan AS akan mengulang pertemuan mereka di Brasil 1950 saat AS menang 1-0.

Selain Valcke dan Theron, undian dibantu oleh bintang-bintang olahraga Afrika seperti pelari legendaris Haile Gebreselassie, bintang rugby John Smit, pemain kriket Makhaya Ntini, dan pesepakbola Matthew Booth serta Simphiwe Dludlu. Pesepakbola Inggris, David Beckham ikut tampil membantu proses undian.

Hasil undian Piala Dunia 2010

Grup A: Afrika Selatan, Meksiko, Uruguay, Prancis
Grup B: Argentina, Nigeria, Korea Selatan, Yunani
Grup C: Inggris, AS, Algeria, Slovenia
Grup D: Jerman, Australia, Serbia, Ghana
Grup E: Belanda, Denmark, Jepang, Kamerun
Grup F: Italia, Paraguay, Selandia Baru, Slowakia
Grup G: Brasil, Korea utara, Pantai Gading, Portugal
Grup H: Spanyol, Swiss, Honduras, Cili


Sumber:

www.bolanews.com

0 komentar: