Senin, 12 Oktober 2009

UI: Peringkat 201 Universitas Terbaik Dunia

Tahun ini Universitas Indonesia (UI) peringkatnya meningkat secara siginifikan dengan menduduki peringkat 201 dari 500 universitas terbaik di dunia. UI mengalahkan universitas-universitas prestisius di Asia. Pada tahun 2008, UI hanya menduduki peringkat ke-287 dan tahun 2007 peringkat ke-395.
Melalui situs resminya, Time Higher Education - QS World University Rangking (THE-QS World) mengumumkan 500 universitas terbaik di dunia. Adapun indikator yang digunakan oleh lembaga tersebut antara lain performa riset dan publikasi, performa dalam pengajaran, seperti selektivitas, efisiensi internal, prestasi mahasiswa internasionalisasi, performa lulusan dalam kaitan dengan penyerapan lulusannya oleh pasar tenaga kerja serta governance.
UI terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dari riset mahasiswa maupun dosennya. Sesuai dengan visi UI menjadi universitas riset bertaraf internasional. Selain itu, banyak sekali prestasi-prestasi UI di kancah internasional seperti lomba debat bahasa Inggris dunia di Australia, juara I kompetisi paduan suara, dan World Mathematics Championship di Serbia.
Jumlah publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional yang dihasilkan oleh UI meningkat menjadi 10.050. Jumlah tersebut naik yang pada tahun 2008 sebanyak 9.050. Jumlah peneliti UI sendiri naik dari 937 pada tahun 2008 menjadi 1.005 peneliti. Untuk meningkatkan jumlah peneliti, UI memberikan insentif penelitian kepada para peneliti untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitiannya.
Semoga universitas-universitas yang ada di Indonesia dapat bersaing untuk menjadi yang terbaik di tingkat internasional.

0 komentar: