Minggu, 11 Oktober 2009

CERPEN : Emak Mendadak dangdut

Emak....Ara pergi dulu, nanti aye pu...” Ara belum menyelesaikan omongannya, matanya terbelalak melihat emaknya yang baru keluar dari kamar “ Emak, aye kagak sale liat nih, kok rambut emak jadi coklat kayak gitu, abis bejemur dimane mak? Cie ileh, peke lipstik ame bedak tebel bener, mau ngelenong dimane?” Tanya Ara heren melihat perubahan emak yang tidak biasanya “ Yeh, bisenye ngeledek aje, emak diwarnain eni rambut biar kayak Inul Daratista yang di tivi entuh, pan cakep tuh biar kayak orang bule gitu, oh iya ‘Ra sini emak kasih tahu, ade yang mau emak bicarain” Ajak emak ke ruang tengah “ Ape mo kayak Inul? Oh iya mak jangan lame-lame nyomongnye, aye kudu sekolah nih, nanti aye terlambat lagi” “ Mak mo ikutan kopestisi dangdut, yang ade di tivi-tivi entu, biar emak ngetop” Ucap emak “ Yeh, ileh ngomong aje ampe belepotan gitu mak, yang bener tuh, kompetisi bukan kopestisi, ade-ade aje mak, mo ikutan kayak gituan!!, kagak saleh? Emak mendadak dangdut nih ceritanye? Yang kagak-kagak aye emak ini, duh mendingan emak masak aje dah, masakan emak entuh kan enak, buke warung dah, tar orang-orang pade beli masakan emak, entar orang-orang pada bilang nasi uduk emak Idah, ngetop deh kayak ibu Suharti entu yang punya ayam goreng, seantero jagat nusantara tahu ayam goreng Suharti. “ Ogah ah, pokoknya emak mo ikutan entu kopestisi, eh salah, ape entuh?” Ucap emak bingung “ Kompetisi” “ Iya Kompertisi” “ Kompetisi” Ujar Ara sekali lagi “ Ya ilah suseh bener ngomongnye, bagaimane mo nyanyi” lanjut Ara “ Udeh ah, Ara panit dulu mo sekolah ya mak, assalammualaikum” “ Walaikumsalam” Jawab emak.
***“ ‘Ra kok diem sih, orang gue ngomong, eh lo malah diemin” “ Duh ‘An gue lagi BT!! Nih sama Emak gue” “ Kenapa lagi nyokap lo?” “ Emak gue tuh sekarang lagi aneh, masa die mo ikutan kompetisi dangdut, udeh gitu emak gue pake acara di warnain gitu rambutnye, katenye biar kayak rambut Inul Daratista gitu deh ” Jelas Ara panjang lebar “ Wah keren dong, pasti emak lo jadi tambah cantik dah?” “ Yeh, lo malah ngeledek lagi” Ucap Ara kesal “ Kenapa lo yang jadi pusing, lo kan seharusnya seneng kalau nyokap lo jadi terkenal nantinye? Jangan-jangan ape lo iri ya, takut kesaing?” Ledek Anie -sahabat Ara- “ YEH... gak mungkin gue iri lagi, gue entuh yang paling yahut dibandingin nyokap gue tahu!!!” Jawab Ara sambil tertawa “ Emak gue mendadak dangdut gitu? Padahal dulu die paling kagak demen dangdut, eh sekarang malah pingin jadi penyanyi dangdut. “ Pasti ade ape-ape nih, sampai emak gue begitu serius mo ikutan kompetisi entu, gue harus selidiki” lanjut Ara “ Iye dah, gue dukung usaha lo, ape yang bisa gue bantu buat lo?” Ucap Anie menawarkan jasa “ Gampang nanti aje gue kasih tahu lo, sekarang gue pulang dulu yeh, takut emak ngue nyariin gue, assalammualaikum” “ Walaikumsalam”.
**** Bukan anak muda saja yang ingin mengalami perubahan dalam penampilah, tak terkecuali emak Idah, seorang anak Betawi yang di selama belasan tahun hidup di daerah Condet, emak Idah hanya memiliki seorang anak perempuan berumur 15 tahun bernama Ara. Orang tua dan anak ini memiliki sifat yang sangat berbeda, dua karekter yang saling bertolak belakang, sehingga berbagai macam konflik hampir mewarnai hari-hari mereka yang hanya berdua. “ Assalammualaikum, emak..... aye udeh pulang nih, laper banget nih mak..” Ujar Ara sambil berteriak “ Emak” Lanjutnya, sambil mencari emak ke segala ruang di dalam rumah “ Ya ilah, ini emak kemane sih, pake acara ilang lagi, mane emak enggak masak, laperkan aye, dasar emak enggak sayang ama anak” Gerutu Ara seorang diri Pukul 21.00 WIB, emak Idah belum juga pulang, rasa cemas merasuki pikiran Ara akan keadaan Ibunya, dengan cepat Ara mencari ponselnya yang ia letakan di atas meja belajar, bergegas ia mencari nomer yang ingin dituju “ Halo, ‘An” Ucap Ara ketika telephonenya tersambung “ Iye, ade ape malem-malem lo telepone gue?” “ Duh ‘An, emak gue belom pulang, duh ini orang kemane lagi, enggak ade pesen die mo kemane, duh ape yang harus gue lakuin nih?” Kata Ara panik “ Iye udeh lo tenang aje, saran gue, lo tunggu dulu ampe satu jam lagi, trus kalo masih enggak ade kabar baru dah lo telepone polisi, biar bantu nyari emak lo, bagaimane?” Saran Anie di sebrang sana “ Iye, gue ikutin saran lo dah, doain biar emak gue cepet pulang yeh, ya udeh kalau begitu gue panit dulu, assalammualaikum” Ucap Ara lemas “ Walaikumsalam” Rasa cemas yang menghinggapi Ara membuatnya memutari seiri suang tamu sambil melihat kearah luar, dengan harapan ibunya akan segera datang, 25 menit kemudian tampak dari jauh terlihat seseorang yang hendak menghampiri rumanya, dengan cepat Ara berlari keluar untuk membukakan pintu. “ Emak!!!!!, kemane aje, Ara cemas tungguin emak, mane pergi enggak bilang-bilang, emak kemane sih, ?” Ucapku bertubi-tubi “ Duh eni anak cerewet, bener, emak capek nih” “ Selamat malam, anda anak di Ibu Idah ini?” Tanya seorang pria yang bersama dengan emak “ Iye saya anaknya, ade ape ya pak dengan emak aye?” Tanya Ara penasaran “ Ibu ini tadi tersesat, saya bertemu dengan ibu Idah di halte, karena rumah saya dekat daerah ini, dan saya mengajak ibu untuk pulang bersama dengan saya” Ucap pria perbadan tegap dengan rambutnya yang bergaya spaike, kulitnya yang putih ditambah dengan hidungnya yang mancung, matanya yang berwarna coklat, membuatnya begitu tampan “ Duh terima kasih atas bantuannya telah membantu emak aye, aye binggung kemane aye mo cari emak malem-malem begini, terima kasih sekali lagi ya” “ Sama-sama, kalau begitu saya permisi dulu, mari” “ Oh..iye aye Ara, nama anda siape?” tanya Ara “ Robby” Jawab pria itu “ Oh....Pak Robby, terima kasih yeh” kata Ara “ Panggil saja saya Robby” “ Oh iya... maaf...pak Robby, eh, maksud aye Robby” “ Masuk dulu nak Robby, nanti emak buatkan minuman” Ucap emak mulai bersuara “ Terima kasih banyak atas tawarannya bu, karena sudah malam saya permisi pulang dulu” “ Oh....ya sudah, tapi laen kali dateng ye mampir kerumah emak, nanti emak masakin makanan yang enak-enak” Pinta emak “ Iya terima kasih bu, lain kali saja, kalau begitu saya pamit dulu, mari” “ Hati-hati ya nak Robby” “ Duh emak ini, kemane aje sih, pergi bilang-bilang dong mak, kan aye jadi cemas” Tanya Ara “ Kalo emak bilang yang ade nanti elo ngelarang lagi” Jawab Ara “ Emang kemane sih mak?” Tanya Ara kembali “ Sebenarnye emak pergi untuk ikut entu kopertisi dangdut” “ Kompetisi” “ Iye maksud emak yang entu” “ Trus bagaimane hasilnye? “ Gagal total....taltal.....” Jawab emak cepat “ Makannye mak, kagak useh neko-neko, emang jadi artis entu gampang? Emangnye emak bisa nyanyi?” “ Enggak” “ Loh, kalo enggakl bisa nyanyi buat ape mak ikutan kompetisi entu?” Tanya Ara bingung “ Kate orang, kalo mo jadi artis kudu cantik, nah walau emak udeh punya anak atu, pan emak masih cantik, jadinye emak bisa jadi artis?” Jawab emak santai “ Yeh, entu untuk anak-anak mude kaya Ara mak, bukan orang tue, kalo emak ikutan kompetisi entu kudu bisa nyanyi, bukan modal tampang aje.” “ Udeh mak, kagak usah neko-neko, orang emak kagak suke dangdut, malah ikutan kompetisi dangdut, jadi mendadak dangdut nih emak?” kata Ara sambil tersenyum “ Iye, karena emak mo ikutan kopertisi entu aje, emak jadi belajar musik dangdut, tapi lame-lame, emak jadi demen musik dangdut.” “ Walaupun emak kagak jadi artis, emak paling ngetop deh antero daerah Condet ini, karena nasi uduk emak yang enak, aye bangga punya emak yang sayang sama Ara, yang ngerawat Ara dari bayi ampe sekarang eni, pokoknye emak paling yahut dah, Ara sayang sama emak, jangan buat Ara panik lagi ye mak, pergi tanpa kasih tahu Ara?” Ucap Ara memeluk emak “ Iye, maafin emak ye, emak kagak mau lagi dah, ikutan kopertisi ape aje, yang ade cuma bikin emak cape aje, emak kapok dah” “ Walau kagak jadi artis, yang penting emak mo punya pacar yang ganteng kayak nak Robby yang tadi entu, kire-kire bapaknya duda kagak ye?” “ Yeh dasar emak genit” “ Yang ade tuh, Robby buat Ara mak” “ Kagak boleh, lo belom boleh pacaran, lo masih kecil” kata emak melarang “ Ye udeh Ara Backstreet aje, dah ah Ara ngantuk mo tidur dulu” “ Ra ape tadi bekstet!!!, entu artinya ape Ra....Ra....Ra?”
Sumber:

0 komentar: