Rabu, 10 Maret 2010

Adu Strategi Nokia Vs Blackberry

Tidak bisa dipungkiri bahwa Nokia dan Blckberry adalah dua buah merek handphone yang sedang marak digandrungi masyarakat Indonesia saat ini untuk jenis smartphone. Nokia pertama kali memperkenalkan produk smartphone melalui handphone E series yang memiliki kisaran harga diatas Rp 3 juta. Sementara Blackberry muncul di Indonesia melalui paket penjualan bekerja sama dengan provider telekomunikasi yang sudah ada di Indonesia seperti, Telkomsel, Indosat, dan XL.

Masing-masing perusahaan mengeluarkan fitur-fitur andalannya untuk dapat merebut pasar ponsel di Indonesia. Namun sayangnya Nokia E series dan Blackberry hanya dapat dinikmati oleh masyarakat kalangan menengah keatas karena harganya yang relatif mahal dibanding ponsel yang ada di pasaran. Desainnya banyak ditiru merek handphone lain dari Cina. Walaupun begitu Nokia dan Blackberry memiliki strategi masing-masing untuk menghadapi pesaingnya.

Nokia E series meluncurkan Nokia E71 dengan kemampuan akses internet cepat dan membalas email semudah membalas SMS, sedangkan Blackberry meluncurkan software Blackberry Messenger yaitu fitur yang hanya dapat dinikmati oleh pengguna Blackberry saja.  Dari segi desain Blackberry lebih banyak ditiru dibanding dengan Nokia, karena mungkin dengan kita memiliki Blackberry dapat meningkatkan prestise penggunanya, walaupun itu hanya tiruan Blackberry. Selain itu Blackberry bekerja sama dengan provider seperti Telkomsel, Indosat, dan XL sehingga pembeli memiliki nilai lebih jika memiliki Blackberry.

Tapi Nokia tidak kalah inovasi, Nokia meluncurkan Nokia E51 melalui fitur membalas Email semudah membalas SMS selain itu bobotnya lebih ringan dan ramping ketimbang Blackberry. Layanan purnajual Nokia juga lebih baik daripada Blackberry, karena Nokia memiliki service point dimana-mana. Sedangkan service point Blackberry hanya di tempat-tempat tertentu saja dan harga servisnya terlalu mahal.

Walaupun masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangan, semuanya diserahkan kepada masyarakat untuk menilai diantara keduanya. Karena masyarakat pula yang merasakan fitur serta kecanggihan teknologi yang ditawarkan oleh keduanya, yaitu Nokia dan Blackberry.

0 komentar: